Formasi Dan Strategi Jitu Dalam Sepak Bola Modern

Pemain-pemain itu diakui seorang diri mampu menjadi perisai bagi lini pertahanan di saat kedua rekan gelandangnya naik ke posisi yang lebih ofensif untuk membantu serangan dari posisi sentral. Tim-tim yang mereguk kesuksesan dengan formasi ini biasanya memiliki gelandang bertahan kelas dunia. Misalnya saja Claude Makelele, Javier Mascherano atau Sergio Busquets. Ini juga membuka jalan bagi kedua full-back sendiri untuk ikut naik menyerang. Alasannya, mereka tak perlu terlalu khawatir dengan ancaman serangan balik lawan karena barisan gelandang sanggup menjaga possession untuk waktu yang cukup lama.

Teknik atau keterampilan bermain (skill) Bagaimanapun sederhananya taktik yang dilakukan, tidak mungkin dapat dikerjakan tanpa penguasaan teknik atau keterampilan yang baik. Artinya, teknik dasar bermain bola harus dapat dikuasai dengan baik.

Jika dalam tiki-taka pemain wajib tahu area yang harus dikuasainya, total footballmelahirkan ramuan lain. Dalam taktik ini, setiap pemain harus punya kemampuan bertukar posisi yang mulus. Dengan kata lain, semua pemain di lapangan harus mudah beradaptasi dengan berbagai peran.

Dalam taktik itu, “orang ketiga” dianggap memiliki peran vital karena harus berada dekat di antara dua pemain yang sedang melakukan operan pendek. Lucunya, Pep pernah mengatakan taktik ini tak memiliki tujuan yang jelas, hanya memainkan bola dari kaki ke kaki selama mungkin dan menganggap jangan terlalu percaya dengan ball possession.

Jogo Bonito merupakan teknik dan taktik yang melekat dengan sepak bola Brasil. Gaya permainan itu sangat identik dengan Timnas Belanda dan tim-tim asal negeri Kincir Angin, seperti Ajax Amsterdam hingga PSV Eindhoven. Total Football merupakan gaya permainan yang mengandalkan kolektivitas tim saat melakukan serangan dan bertahan.

Keunggulan jumlah pemain di pusat lapangan tengah bisa mengatasi dua gelandang sentral dari formasi 4-4-2. Hanya saja, jika rekan-rekannya merasa tak bisa mengandalkan striker mereka untuk menciptakan peluang dan gelandang bertahan untuk mematahkan serangan lawan, maka keseluruhan sistem rawan rusak akibat kurangnya rasa saling percaya.

Berikut panduan untuk formasi sepak bola 7 orang yang terstruktur dan terorganisir dengan baik. Ibrahimovic, 38 tahun, juga mengakui formasi cocok dengan skuat AC Milan saat ini. Sebelumnya saat masih memainkan Milan bermain imbang tanpa gol melawan Sampdoria. Permainan ini menggunakan penguasaan bola yang kuat dengan tingkat akurasi operan yang tinggi.

Strategi ini juga menuntut beberapa pemain melakukan pergerakan yang cepat untuk mencari ruang kosong. Sedangkan disisi lain, agar penyerangan kuat maka striker dibantu oleh dua orang pemain sayap. Saat menyerang, ada dua orang gelandang tengah yang ditugaskan untuk menjaga kedalaman agar dapat menangkal serangangan balik. Salah satu dari 3 orang yang menjadi pemain bek atau bertahan, akan dijadikan sebagai seorang sweeper atau penyapu yang biasanya dilakukan oleh bek tengah. Dengan formasi ini, milan tidak hanya baik dalam penyerangannya saja, akan tetapi dalam pertahanannya pun tidak bisa diragukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *