10 Macam Formasi Dalam Permainan Sepak Bola

Selain menjuarai Piala Dunia 1974 dan Euro 1972 bersama timnas Jerman Barat, Beckenbauer juga memenangkan empat gelar Bundesliga dan tiga trofi Liga Champions saat bermain untuk Bayern Munich. adalah pemain yang memiliki tugas bertahan untuk menerima serangan dari tim lawan. Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 penjaga garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola.

Saat melawan Borneo FC, Bali United terlihat cukup berbeda dari biasanya. Soal bukan menang dengan jumlah gol banyak, namun cara bermain, terutama penguasaan bola dan penempatan posisi pemain. Bertarung fight dan setiap pemain harus terlihat ingin menunjukkan kemampuan terbaiknya. Latihan tendangan bebas dapat dilakukan di tengah lapangan atau di dekat kotak penalti lawan.

Dengan dukungan pemain yang menyerang dan lini belakang yang tinggi, maka strategi ini sangat cocok untuk melengkapi serangan balik yang cepat. Kelemahannya adalah bila tidak biasa memainkannya, maka jebakan offside akan sia-sia dan justru malah akan diserang balik. Dan juga diperlukan pemain yang memiliki kecepatan dan stamina yang hebat. Strategi ini yang sering dipakai Mourinho di semua klub yang ia nahkodai.

Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside. Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir. Sepak bola merupakan olahraga yang dikenal sejak ribuan tahun yang lalu.

Jika tendangan bebas dilakukan dekat dengan daerah penalti tetapi Anda sulit menembusnya, maka tendangan bisa dilakukan dengan memberikan operan pada pemain yang mempunyai posisi lebih baik untuk menembak ke gawang lawan. Strategi pertahanan ialah strategi yang dilakukan perseorangan maupun kelompok dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan dalam pertandingan.

Pertahanan sering dilakukan oleh pemain belakang atau barisan pertahanan. Caranya bisa bermacam-macam, namun harus bisa dipahami oleh seluruh pemain agar terkoordinir dan terpola. Pertahanan ini bukan tindakan seorang pemain saja, tetapi merupakan kegiatan kelompok yang membutuhkan kerja sama dan pemahaman yang baik satu sama lain. Cara yang biasa dilakukan adalah penjagaan daerah, penjagaan satu lawan satu, dan penjagaan gabungan. Tendangan penalti merupakan salah satu hukuman terberat dalam sepak bola, selain hukuman kartu merah.

Tendangan penalti dilakukan jika salah satu tim melakukan pelanggaran di dalam daerah penalti lawan. Selain itu, apabila pertandingan sepak bola dilakukan dengan sistem gugur, sementara skornya tetap imbang hingga berakhirnya perpanjangan waktu, juga dilakukan tendangan penalti untuk menentukan pemenangnya. Jawabannya karena formasi ini mengandalkan sedikit pertahanan.

Bukti ilmiah yang bisa didapat adalah adanya permainan semacam sepak bola di negeri Cina. Kala itu, dinasti Han melatih tentara menggunakan “tsu-chu” untuk latihan fisiknya, yaitu latihan menendang bola kulit memasukkan ke dalam jaring kecil yang diikatkan pada batang-batang bambu panjang. Pemain membidikkan bola ke dalam jaring kecil menggunakan kaki, dada, punggung, serta bahu sambil berusaha menahan serangan dari lawan. Strategi ini cocok untuk anda yang menginginkan permainan yang didominasi serangan balik yang cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *